Sunday, March 17, 2019

Apakah wanita itu hanya indah sebagai fiksi tapi berbahaya sebagai fakta



Sebuah quote, yang entah serius atau asal spontan, saya dengar di sebuah televisi. Quote yang dikeluarkan oleh lelaki sebetulnya cukup kritis di mata saya.  anda benar, Rocky Gerung. Sebelumnya beliau bilang juga, Perkawinan itu indah sebagai fiksi tapi berbahaya sebagai fakta. Pernyataan-pernyataan beliau kadang mengundang kontroversi dan katanya mesti dicermati secara filosofis sebab beliau dosen ilmu filsafat.

Tentu saja saya bukan ahli filasafat. Filsafat yang yang saya ketahui serba sekelumit. Rasanya, meliputi pengetahuan objektif, rasio universal, kodrat manusia berakal dan kehendak bebas yang rasional.  Segala sesuatu dari sudut filsafat, harus dilihat dari hal-hal tersebut. Mari kita lihat selintas, 

Pengetahuan Objektif, pengetahuan yang berasal dari pemikiran sendiri lalu dikemukakan kepada orang lain. Kemudian terdapat perbaikan perbaikan dari orang lain. Kemudian kesimpulannya bernilai benar oleh semua orang.
Rasio Universal, rasio yang dilihat dari banyak aspek dan diakui secara universal. Banyak petimbangan menilai wanita, saya kira rasio universal juga harus dikenakan saat menilai wanita.
Kodrat Manusia berakal, bagaimana perempuan dipandang dan dilihat dari kodratnya sebagai mahluk yang memiliki akal, saya kira yang menilai juga menggunakan kodratnya sebagai manusia yang memiliki akal.
Kehendak bebas yang rasional. Selintas agak bertolak belakang dengan pengetahuan objektif. Tetapi memandang perempuan dengan sudut pandang sebagai manusia yang memiliki kehendak bebas. Menurut saya, meski bebas, sebebas-bebasnya dan mungkin seenaknya tapi tetap saja harus rasional.
Setiap orang bebas berpendapat. Pendapat biasanya dipengaruhi banyak hal. Antara lain,  latar belakang (tingkat pendidikan, pengalaman, orientasi seksual, dll), lingkungan, agama dan lain sebagainya.

Apakah wanita itu hanya indah sebagai fiksi tapi berbahaya sebagai fakta...!? tentu saja dipengaruhi oleh banyak hal di atas tadi. Hanya, agak heran juga kalau ada lelaki pintar dan diamini banyak orang, yang matang usianya tapi memandang wanita sebagai mahluk berbahaya di dunia nyata.

Padahal kita semua lahir dari rahim seorang wanita. Apakah keindahan wanita hanya dirasakan di pikiran saja, di faktanya tidak melihat wanita itu sebagai mahluk indah?

Taroklah di faktanya tidak semua interaksi laki-laki dan perempuan itu menjadi indah, apakah begitu merugikan sehingga disebut berbahaya!? Entahlah.

Menurut saya, laki-laki, entah dia straight atau tidak, tidak harus suka dengan wanita untuk menjalin relasi yang indah dan tidak berbahaya dengan wanita.  Yah mungkin beliau sekadar guyon saja.

Sebetulnya, tinggal buka mata, banyak-banyak membaca wanita. Tingkatkan imajinasi dan inovasi anda. Masih mentok juga, tingkatkan IQ anda.

Benarkah wanita itu indah sebagai fiksi tapi berbahaya sebagai fakta?  Bagaimana menurutmu...? Tambahkan di komentar ya.

No comments: